tahanan listrik

TAHANAN LISTRIK

Menyebutkan beberapa jenis tahanan listrik Menyebutkan beberapa macam tahanan menurut bahannya Menyebutkan bahan-bahan tahanan dari macam jenis tahanan listriSebagaimana kita ketahui bahwa setiap benda mempunyai nilai hambat terhadap aliran listrik, yang besarnya tergantung pada jenis, penampang dan kondisi temperatur. Dengan demikian tahanan besar nilai hambat listrik tergantung dari jenis bahannya. Jenis tahanan yang mempunyai komposisi bahan dasar yang berbeda.

1. Tahanan karbon arang
Tahanan ini banyak dijumpai dipasaran, umumnya mempunyai nilai kepekaan yang relatif rendah, mempunyai toleransi dan batasan daya ( rating daya ) kecil. Tahanan ini digunakan pada pesawat yang kurang memerlukan ketelitian yang canggih.
2. Tahanan jembatan kawat metal film Sebagai contoh, adalah tahanan hantaran kawat dengan dasar
3. Tahanan gulungan kawat
4. Tahanan fungsi suhu dan cahaya
Contohnya : LDR ( cahaya ), termistor ( suhu ) - LDR dibuat dari cadmium sulfida, yaitu bahan semi konduktor yang nilai tahanannya berubah-ubah menurut intensitas cahaya yang jatuh padanya. R. LDR sekitar 10 W M di tempat gelap dan menjadi 150 W ditempat yang terang.
- Termistor atau tahanan termal adalah alat semikonduktor yang berkelakuan sebagai tahanan dengan koefisien tahanan temperatur yang tinggi biasanya negatif.
- Termistor ini dibuat dari campuran oksida-oksida logam yang diendapkan, seperti : mangaan , nikel, kobalt, tembaga, besi, dan uraium. Tahanan sebuah termistor pada temperatur ruang dapat berkurang sebanyak 6 persen untuk kenaikan temparatur 10 C.

Elemen dasar LDR
- Substrat keramik ( bahan yang dikerjakan melalui peragian melalui peragian / enzim ).
- Lapisan bahan foto konduktif.
- Elektroda metalik.

No comments:

Post a Comment