resistor

Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Resistor bersifat resistif dan umumnya  terbuat dari bahan karbon. Satuan  resistansi  dari  suatu  resistor  disebut  Ohm  atau  dilambangkan  dengan  simbol Ω (Omega).  Bentuk resistor yang umum adalah seperti tabung dengan dua kaki di kiri dan kanan. Pada badannya  terdapat  lingkaran  membentuk  cincin  kode  warna  untuk  mengetahui  besar  resistansi tanpa mengukur besarnya dengan Ohmmeter. Kode warna tersebut adalah standar manufaktur yang dikeluarkan oleh EIA (Electronic Industries Association) seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah.


Tabel Nilai warna pada cincin resistor


Besarnya ukuran resistor sangat tergantung watt atau daya maksimum yang mampu ditahan  oleh resistor. Umumnya di pasar tersedia ukuran 1/8, 1/4, 1, 2, 5, 10 dan 20 watt. Resistor yang  memiliki daya maksimum 5, 10 dan 20 watt  umumnya berbentuk balok berwarna putih dan nilai  resistansinya dicetak langsung dibadannya, misalnya 1KΩ5W.  

Contoh : 
Urutan cincin warna (resistor 4 cincin warna)

Rangkaian Resistor 
Rangkaian resistor secara seri akan mengakibatkan nilai resistansi total semakin besar. Di bawah ini contoh resistor yang dirangkai secara seri.  


Pada rangkaian resistor seri berlaku rumus:  
R1+R2+R3+Rtotal ++= ...........................................................................................(1.1) 


Rangkaian resistor secara paralel akan mengakibatkan nilai resistansi pengganti semakin kecil. Di bawah ini contoh resistor yang dirangkai secara paralel. 
Pada rangkaian resistor paralel berlaku rumus:  

Hukum Ohm 
Dari hukum Ohm diketahui, resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melalui resistor tersebut.  

Dimana : 
V  =   tegangan dengan satuan Volt 
I   =    arus dengan satuan Ampere 
R  =  resistansi dengan satuan Resistansi 
P  =  daya dengan satuan Watt 




No comments:

Post a Comment